Cara Tepat Dalam Membersihkan Karpet

cara mencuci karpetSebagai perusahaan cleaning service yang menyediakan jasa cuci karpet di Malang dan Batu, kali ini Duta Resik akan memberikan sedikit informasi terkait tips dalam merawat dan membersihkan karpet.

Cara Tepat Dalam Membersihkan Karpet
Sebagai alas, karpet rentan terhadap sumber penyakit. Selain itu, jika perawatannya kurang maksimal, tampilannya pun berubah dan tidak seindah dulu. Nah, bagaimana cara merawat karpet agar terlihat tetap cantik, bersih, sehat dan tidak cepat rusak?

  • Sedot debu pada karpet menggunakan vacuum cleaner minimal tiga kali seminggu atau anda juga bisa menaburkan soda kue secukupnya ke permukaan karpet sebelumnya. Biarkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, sedot dengan vacuum cleaner.
  • Cuci bersih karpet dengan sabun khusus setidaknya enam bulan sekali.
  • Ubah posisi karpet 2-3 bulan sekali sehingga bagian yang sering terinjak atau dilewati orang.

 

Lalu, Bagaimana Cara Membersihkan Karpet yang Terkena Noda ?
Jangan khawatir, silahkan basahi lap kering dengan alkohol. Tekan lap secara perlahan pada karpet yang terkena es krim, tetapi jangan sampai alkohol menembus bagian belakang karpet yang terbuat dari karet. Kemudian, tuangkan campuran larutan sabun cuci dengan air bersih sedikit demi sedikit ke bagian yang terkena noda es krim sambil ditekan dengan lap. Ulangi beberapa kali pemberian larutan sabun cuci, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Keringkan karpet dengan kain kering dan diangin – anginkan. INGAT! Terlalu lama menjemur karpet di bawah sinar matahari langsung dapat merusak bahan karpet dan membuat warnanya menjadi pudar.

 

Membersihkan Karpet dari Noda Soft drink (Minuman Ringan)
Minuman bersoda menumpahi karpet Anda? Cepat bersihkan ya, bila tidak ingin karpet Anda memiliki noda permanen. Coba cara alternatif berikut ini :

  • Gunakan lap kain basah untuk menge-lap karpet yang terkena tumpahan soda
  • Semprotkan larutan campuran satu sendok makan ammonia dan 150cc air, tetapi pastikan semprotannya tak tembus ke bagian bawah karpet.
  • Gosok memutar noda perlahan dengan larutan sabun cuci piring (1/2 sdm sabun cuci piring cair ke dalam satu liter air).
  • Bilas dengan air dan keringkan dengan lap kering.

 

Iyuuhhh!, Karpetnya Terkena Ompol, Bagaimana Cara Mencuci Karpetnya?
Tidak menutup kemungkinan karpet Anda terkena ompol anak-anak (atau mungkin juga orang dewasa .. hehehe). Bau pesing pasti menempel disitu dan baunya akan awet bila tidak dicuci dengan benar.
Caranya mencuci karpet yang terkena ompol bisa dibilang mudah, berikut caranya :

  • Gantungkan karpet di kedua sisi lebarnya (tidak menempel di tanah).
  • Selanjutnya, siramkan air panas (boleh yang mendidih) pada bagian karpet yang terkena noda ompol. Tapi berhati-hatilah agar Anda tidak terkena cipratan air panas tersebut.
  • Pastikan ketika mencuci atau membilas, airnya mengalir sehingga tidak menimbulkan najis ketika kering.

 

 

Ingin Mengembalikan Warna Karpet yang Memudar?
Anda ingin mencoba untuk mengembalikan warna karpet yang memudar ? Yahhh, meskipun tidak mengembalikan warnanya seakan baru, tapi cara ini juga cukup untuk dibilang efektif untuk mengembalikan warna karpet yang memudar (meskipun cuma beberapa persen). Coba taburi karpet dengan garam dapur sebanyak mungkin, kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, sedot dengan vacuum cleaner. Cling! Semoga karpet menjadi sedikit cemerlang 😀

Ngomong – ngomong, kalau misal Anda merasa malas untuk mencuci atau membersihkan karpet, Anda bisa mencoba layanan Jasa Cuci Karpet kami dengan menghubungi kami di 0812-3088-8199 | 0896-2585-9609

NB: Sebagai perusahaan cleaning yang paling JOSS! di Malang Raya dan kini telah membuka kantor cabang di Solo. Anda tidak perlu lagi meragukan pelayanan yang kami sediakan untuk Anda. Karena semua layanan ditangani oleh para ahli dibidangnya juga dukungan chemical yang aman sesuai standar depkes dan mesin yang berteknologi canggih.